Mengemudi



Banyak hal yang ingin saya ceritakan. Tentu saja semua hal yang berbau "garasi." Maksudnya hal-hal tentang dunia perbusan dan lika-likunya.

Cerita terbaru yang beredar di garasi ialah kecelakaan di Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta. Melibatkan satu unit SR dan sebuah Toyota Fortuner yang masih anyar grisss!

Orang-orang di garasi, terutama para sopir pun bertanya-tanya. Kok bisa jalan selebar jalan Sentolo, bisa terjadi "adu kanan?".

Dilanjutkan oleh sahibul hikayah, saat SR mendahului dengan mengambil lajur kanan (jalur berlawanan), si Fortuner tidak "membuang" ke kiri. Terjadilah "adu kanan" itu.

Fakta yang agak sedikit mengejutkan, ternyata Fortuner anyar griss itu, pengemudinya seorang cewek, tidak punya SIM, dan... masih belajar! Waduh, pye jal?

Jadi, si cewek Fortuner ini belum familiar dengan "hukum rimba jalanan". Belum ngeh "cara"-nya saat salip menyalip di jalan, dan bagaimana "hukum"nya jika "bersosialiasi" dengan kendaraan besar.

Dengar-dengar, si Fortuner meminta ganti rugi 60 juta. Po rak yo kemut-kemut ndase supir bise.

Kalau mau belajar mengemudi, sebaiknya tidak di jalan umum. Kenapa? Bikin risih dan rusuh!

Bikin risih karena; membingungkan pengemudi di belakangnya. Saya sering menemui yang seperti ini. Berjalan lambat, meliuk-liuk. Mau saya dahului lewat kanan, eh dianya ikut ke kanan. Saat di klakson, malah panik goyang kiri goyang kanan. Kan taek! Ada juga yang diklakson malah semakin lambat dan menghalangi jalan. Hmm.

Yang kayak begitu itu, kan termasuk bikin lalu lintas tersendat, bahkan kalau yang masih belajar itu nubruk, atau kalau mereka (belajar) pakai mobil manual masih berkeringat jagung waktu mau memasukkan persneling dan lupa mana rem, mana kopling, dan kejadian itu di persimpangan pas lampu sedang hijau, kan anying. Begini ini yang bikin rusuh.

Kalau masih plegak-pleguk, belajar saja di lapangan dulu atau di kebon tebu, sawah juga boleh.

Kalau secara teknis sudah lancar, mental sudah siap, silakan terjun ke jalan untuk "memupuk" mental. Jangan biasakan langsung nyemplung ke jalan. Risikonya bukan hanya yang sedang belajar, orang lain pun bisa terkena dampak kalau langsung belajar di jalan.

Ingin sekali saya mendirikan sekolah mengemudi yang saya beri nama Sekolah Mengemudi Impian. Tapi sayangnya sudah ada Bikini Bottom Driving School milik Ny.Puff.

You Might Also Like

0 comments